Friday, 11 February 2011

HEMAT AIRLAH


Air merupakan kebutuhan utama makhluk hidup. Dimana semua kegiatan sehari-hari tegantung sekali dengan adanya air. Bagaimana tidak, semua kegiatan sehari-hari kita hampir semuanya memanfaatkan air. Mulai dari mandi, mencuci, minum, masak, membersihkan perabotan rumah tangga, sampai buang air.
Tumbuhan dan hewan pun memerlukan air untuk melangsungkan hidupnya, begitu juga manusia. Terlebih lagi kita dihimbau untuk minum air sebanyak 1 liter atau 8 gelas air dalam sehari karena untuk melancarkan metabolisme didalam tubuh kita. Bisa anda bayangkan berapa liter kubik air yang dipakai oleh manusia didunia dalam sehari hanya untuk minum air saja? Hmmm banyak. Banyak sekali tentunya.  Belum lagi untuk mandi, satu orang akan menghabiskan air sebanyak 8 ember hanya untuk mandi. Banyak sekali bukan? Belum lagi kalau dalam satu keluarga terdapat banyak anggota keluarga. Bisa-bisa satu tanki air dipakai.hehe
Tahukah kamu apabila manusia tidak makan sehari itu tidak akan menyebabkan kematian, akan tetapi apabila kita tidak minum dalam sehari kita bisa mengalami dehidrasi ataupun kematian. Karena kekurangan cairan,Dehidrasi adalah kukurangan cairan dalam tubuh karena kita tidak minum dalam waktu tertentu. Untuk itu kita dianjurkan meminum air minimal 8 gelas dalam sehari. Terutama untuk orang yang beraktifitas di dalam ruangan ber AC. Karena diruangan ber AC suhu udaranya sangat dingin, dan tidak baik untuk kulit kita. Kulit akan terasa kering apabila kita berada didalam ruangan ber AC. Maka dari itu untuk orang yang beraktifitas di dalam ruangan ber AC dianjurkan untuk lebih sering lagi minum air putih.
Untuk itu kita harus menghemat air sebisa mungkin. Tidak usah berpikir yang terlalu sulit, untuk melakukan gerakan menghemat air. Cukup mematikan air (jika dirumah anda menggunakan jet pam) yang tidak digunakan. Jangan biarkan air mengalir tanpa digunakan. Atau bisa juga kita menggunakan air yang habis kita pakai untuk digunakan kembali. Contohnya air bekas mencuci beras atau bekas mencuci buah atau sayur bisa kita gunakan lagi untuk menyiram tanaman dihalaman rumah kita. Atau air bekas mencuci pakaian bisa kita gunakan kembali untuk membersihkan WC. Dan ada lagi cara untuk menghemat air lainnya yaitu apabila kita mencuci piring, sebaiknya kita menggunakan ember untuk menampung air saat mencuci piring. Itu jauh lebih bisa menghemat air ketimbang dengan mencuci piring dengan cara air mengalir.
 Pernah waktu itu saya mengalami krisis air, bukan karena di daerah saya sulit mendapatkan air, tapi karena pompa dirumah rusak, dan saya sekeluarga harus menumpang mandi dirumah tetangga. Itu adalah hal yang sangat tidak mengenakan. Karena saya harus mandi rumah orang. Maka dari itu saya menghimbau dengan kalian semua. Jika dirumah kalian banyak air, air dirumah kalian tidak sulit untuk mendapatkannya. Hemat airlah. Karena air merupakan kebutuhan yang paling mendasar. Bukan hanya untuk kebutuhan kita semata dihari ini. Tapi untuk generasi penerus kita dimasa depan. Bisa anda bayangkan jika dikehidupan mendatang tidak ada air, maka apa yang akan terjadi? Kemarau adalah salah satu dari penyebab kurangnya air.

No comments:

Post a Comment