Tuesday, 8 February 2011

Inspirasi Hari Ini : *Memaafkan

Bila ada orang yang berbuat salah kepada Anda, apa respon Anda?Ada tiga respon yang mungkin muncul.

Pertama, Membalas.
Kedua, Tidak Membalas namun Tidak Memaafkan.
Dan respon yang ketiga adalah Tidak Membalas dan Memaafkan.

Bila Anda memilih jenis respon yang pertama maka Anda telah menambah satu orang yang sakit hati lagi di dunia ini.Membalas perlakuan orang lain mungkin akan mendatangkan kepuasan psikologis bagi Anda, namun ketahuilah kepuasaan itu hanya sesaat.

Bila Anda memilih jenis respon yang kedua, Tidak Membalas namun Tidak Memaafkan memang halitu tidak akan menyakiti orang lain akan tetapi menyakiti diri Anda sendiri. Kebahagian dan ketenangan hidup pun akan menjauh dari Anda. Bahkan menurut riset yang dilakukan oleh dokter di Amerika Serikat, keengganan Anda memaafkan orang lain akan menimbulkan banyak penyakit kepada Anda seperti pusing, sakit punggung, sakit leher, sakit perut, depresi, cemas, mudah sakit, dan sulit tidur.

Respon yang saya sarankan untuk Anda pilih adalah respon yang ketiga, Tidak Membalas dan Anda Memaafkan. Memaafkan bukan berarti melupakan kejadian itu, akan tetapi bermakna melepaskan masa lalu.

Agar Anda bersedia Tidak Membalas dan Anda Memaafkan kesalahan orang lain setidaknya ingatlah dua hal ini. Pertama, Anggap orang yang telah menyakiti dan berbuat salah kepada Anda adalah seorang dokter yang sedang memberikan imunisasi kepada Anda. Seorang yang diimunisasi boleh jadi meriang, panas dingin dan susah tidur. Namun hal itu hanya terjadi sesaat, setelah itu Anda telah memiliki modal yang membuat Anda tahan terhadap serangan penyakit, semakin kuat, kokoh dan hebat di masa datang.

Kedua, Ingatlah tak ada manusia yang sempurna. Ketika Anda bergaul dengan orang lain, fokuskanlah pada kelebihan dan kebaikan orang lain bukan fokus kepada kekurangan orang lain. Bila ada orang yang menyakiti Anda, bersegeralah Anda duduk kemudian catat semua kelebihan dan kebaikan yang dimiliki oleh orang itu.Bila Anda tak menemukan kebaikan pada orang tersebut, saya jadi sangsi jangan-jangan Andapun tak memiliki banyak kebaikan.
Sahabat, Bila Anda Memaafkan, bukan orang lain yang mendapat keuntungan, tetapi Andalah yang memperoleh keuntungan itu. :)

Salam SuksesMulia..

By ; Ust Jamil Azzaini


No comments:

Post a Comment