Friday, 18 March 2011

Hati-hati memasak Bayam

Bayam mengandung zat besi, tetapi bila salah memasak zat-zat yang ada di dalam bayam bisa berubah menjadi zat beracun. Agar terhindar dari Racun lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Jangan dipanaskan ulang : Bayam banyak mengandung zat besi atau senyawa Fero (Fe2+) yang baik bagi tubuh. Namun jika dipanaskan ulang, akan terjadi proese oksidasi pada sayur bayam. Oksidasi adalah proses pengikatan oksigen. Maka Fe2+ berubah menjadi Fe3+ atau senyawa Ferri yang beracun bagi tubuh.


  • Segera Dimakan : Selain mengandung besi, bayam juga mengandung Nitrat (NO3). Tetapi jika terlalu lama bersentuhan dengan udara akan berubah menjadi Nitrit (NO2) yang bersifat senyawa tidak berwarna, tidak berbau, dan lagi-lagi beracun. Maka sayur bayam harus langsung dimakan begitu matang. Sayur bayam yang sudah dimasak lebih dari lima jam jangan dimakan lagi.

  • Pilih Bayam Segar : Bayam segar yang baru dicabut dari persemaiannya mengandung senyawa nitrit kira-kira 5 mg per Kg. Bila bayam disimpan dalam lemari es selama 2 minggu kadar nitrit akan meningkat sampai 300 mg per Kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan sebesar 7 persen.

  • Gunakan Panci "Stainless Steel" : jangan memasak bayam di panci besi/ alumunium karena senyawa Ferro tadi akan bereaksi dengan bahan panci besi atau alumunium.
Diambil dari Harian kompas anak epaper 
Edisi Minggu, 13 Maret 2011

5 comments:

  1. sangat bermanfaat, thanks infonya.
    apalagi gw nie yg pengen jd ky popeye, slh dikit bisa jd goodbye nih

    ReplyDelete
  2. pantas saja, kau bertanya kemarin, ternyata kau komen udin..hehehe.

    ReplyDelete
  3. hehehe, baiklah asra :) terima kasih sudah berkunjung ke blog saya :)

    ReplyDelete
  4. Aduh, jadi takut makannya! Setelah memasak bayam atau apapun ada kemungkinan pancinya bakal meninggalkan noda hitam membandel. Tapi, tenang sudah dishare tips menghilangkan noda hitam itu di http://bit.ly/1m4zxvc . Mulai membersihkan noda hitam membandel itu dengan cara yang tepat.

    ReplyDelete