Monday, 30 June 2014

Yuk Berjilbab..

Alhamdulillah masih bertemu di bulan suci ramadhan tahun ini.. semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya aamiin :)

oya apakabar semua hari ini?? :D

Kali ini saya mau cerita pengalaman saya tentang jilbab biar kita tidak bingung dan jadi paham deh. Ada yang tau jilbab itu apa?? atau mungkin sudah ada yang memakai jilbab? :D


Dulu.. dulu banget saya lupa tahun berapa berasa tua banget *tahun berapa.. -_-)  saat itu kejadiannya di pagi hari ketika kakak perempuan saya sedang mencuci baju, lalu ia meminta saya untuk mengambilkan jilbab milik nya untuk sekalian di cuci. Ok saya segera ambil jilbab yang di minta oleh nya di kamar dan langsung saya berikan kepadanya. Tapi dia malah mengatakan "Ih bukan yang itu, di kamar di atas kasur jilbabnya". Saya pun jadi bingung tadi katanya minta ambilkan jilbab tapi malah minta di ambil kan baju o.O karena yang ada di atas kasur yaa baju bukan jilbab -_-

Nah pada saat itu saya memahami bahwa jilbab adalah kerudung segi empat yang ekstra super lebar itu lho..makanya ga nyambung di suruh ambil apa yang di ambil apa -_-

Ok dari situ kakak perempuan saya tidak pernah menjelaskan dengan jelas apa itu jilbab -_- walhasil saya tambah bingung -_- tapi dia sering banget mengatakan ke saya kalau pakaian yang saya pakai itu tidak boleh di kenakan saat hendak keluar rumah, maksudnya celana panjang dan baju lengan panjang. Lho kenapa kan pakaian ini sudah menutup aurat yaa kenapa ga boleh coba?? *dalam hati -_-

Dan akhirnya saya tau, jilbab itu ternyataaa...  

Saya tau makna jilbab yang sesungguhnya ketika saya ikut kajian islam :D subhanallah sekali yaa untuk itu lah kenapa kita di perintahkan untuk menuntut ilmu hingga akhir hayat. Karena memang manusia itu serba kurang >> kurang paham maksudnya hehehe piss \../ 

Saat kajian islam itu di jelaskan arti jilbab itu apa serta kewajiban seorang wanita muslim yang sudah baligh untuk mengenakan jilbab. Jadi jilbab itu apa? dari tadi cerita mulu hehehe ok ok kita jabarkan satu-satu yaaa :D

Jadi jilbab itu adalah pakaian sodara-sodara pantes aja yaa saat itu tidak nyambung heuh -_- dan tadi sudah saya tulis kalau jilbab itu kewajiban, nah ternyata memakai jilbab itu wajib sodara-sodara dan ada perintahnya pula >> Qs. Al-Ahzab ayat 59
  
 






Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Oya memakai jilbab pun ada aturan nya tidak asal pakai saja. Karena tujuan kita berpakaian adalah menutup aurat jadi yaa memang harus menutup aurat bukan hanya sekedar "membungkus aurat". Nah pernah liat kado kan? kalau membungkus kado kan harus rapet biar rapi. Tapi kalau berjilbab tidak boleh seperti "membungkus kado" yaa :) artinya rapet atau membentuk lekuk tubuh, pakai jilbab harus longgar agar tidak membentuk lekuk tubuh.

Selain harus longgar, memakai jilbab pun tidak boleh berbahan tipis artinya bahan nya bisa menerawang dan satu lagi tidak boleh membuat pandangan orang lain jadi mengalihkan pandangannya ke arah kita gara-gara melihat kita memakai jilbab yang berlebihan, artinya kita tidak boleh bertabaruj.



dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.

 Jadi memakai jilbab itu harus mengikuti aturan syara agar bernilai pahala :) Oya satu lagi jilbab di kenakan saat kita hendak keluar rumah dan ke tempat-tempat umum. Jadi kalau di rumah yaa tidak usah pakai jilbab :D tapi berpakain lah yang menutup aurat saja. Begini tutorial nya, saat mengenakan jilbab pakaian yang kita kenakan di dalam rumah pun tetap di pakai, jadi jilbab itu semacam jubah yang saat mengenakannya di lapisi pakaian yang dikenakan saat berada di dalam rumah. Begini gambarnya


Nah bagaimana? sampai sini sudah paham kan tentang jilbab itu apa? :D kalau sudah paham sekarang praktek kan yaa di lingkungan masing-masing :D

#YukBerjilbab jadi kan bulan ramadhan kali sebagai momentum perubahan ke arah yang lebih baik lagi berubah dari yang sebelumnya belum paham menjadi paham, dari yang sebelum nya belum berjilbab jadi berjilbab :D Semangat!!  Tidak usah menunda untuk berjilbab karena maut mengintai kita setiap saat, jadi harus dilakukan mulai detik ini juga yaa sodara-sodara.. semoga diberi kemudahan untuk memulai berjilbab :)

No comments:

Post a Comment